Kantor Perwakilan BI NTT Perkenalkan QRIS

Tepat di HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Bank Indonesia merilis QRIS atau Quick Respons Code Indonesian Standard. QRIS merupakan standar QR Code pembayaran untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking.

Peluncuran QRIS ini juga dilaksanakan serentak di 46 kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia, termasuk Kantor Perwakilan BI NTT. Kepada wartawan, Senin (19/8/2019), Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja, menyampaikan bahwa peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025 yang telah dicanangkan pada Mei 2019 lalu.

“QRIS ini merupakan antisipasi terhadap inovasi teknologi dan perkembangan kanal pembayaran melalui QR Code yang semakin beragam. Selain itu, QRIS juga akan memperluas akseptasi (penerimaan) pembayaran non tunai dengan menyasar transaksi pembayaran mikro atau kecil atau retail,” papar I Nyoman.

QRIS disusun oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan menggunakan standar internasional EMV Co. Dengan adanya standar ini maka penyedia barang dan jasa (merchant) tidak perlu memiliki QR Code berbeda dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran.

Dengan mengusung semangat UNGGUL yang merupakan akronim dari Universal, Gampang, Untung dan Langsung, QRIS diyakini akan mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

QRIS ini bisa digunakan oleh siapa saja yang memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data serta akun pembayaran elektronik. Untuk tahap awal, QRIS fokus pada penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM) di mana penjual (merchant) yang akan menampilkan QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pembeli (customer) ketika melakukan transaksi pembayaran.

Meski sudah diuncurkan, implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020. Jeda waktu hingga akhir tahun 2019 diberikan oleh BI bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) untuk melakukan penyesuaian sistem terhadap adanya QRIS. (ens)

Sumber : medikastar.com | Artikel : Kantor Perwakilan BI NTT Perkenalkan QRIS

1 komentar untuk “Kantor Perwakilan BI NTT Perkenalkan QRIS”

  1. Ping-kembali: Bagaimana Kondisi Perbankan di Masa Pandemi? - Beatrix da Gomez

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo, Beatrix Da Gomez, saya ingin bertanya materi tentang