Cara Memilih Investasi Terbaik Untuk Pemula

Cara Memilih Investasi Terbaik Untuk Pemula

Cara Memilih Investasi Terbaik Untuk Pemula. Banyak orang yang ingin mencoba untuk memulai berinvestasi dan akhirnya akan menemukan beberapa instrument diantaranya seperti: Saham, Reksa dana, Asuransi, Property, Emas bahkan multi level marketing (MLM).

Bila ditanyakan secara sederhana dan tentunya keinginan semua orang dalam berinvestasi, “Manakah yang paling menguntungkan?” Maka pertanyaan ini akan menjadi beragam dan sulit untuk dijelaskan dalam sebuah kalimat. Karena pada prinsip dasarnya investasi adalah sebuah kegiatan untuk menanamkan sejumlah modal dan pada nantinya kita sebagai pemodal dapat menikmati sebuah hasil dari investasi modal tersebut.

Sayangnya, tidak selalu instrument yang ditawarkan memang sebuah investasi, katakanlah multi level marketing, adalah sebuah metode pemasaran sebuah barang yang dalam banyak materi presentasinya mengedepankan kebabasan finansial atau financial freedom karena seolah-olah kita berinvestasi. Apakah MLM itu produk investasi ? Jelas tidak.

MLM adalah metode pemasaran produk secara langsung. Hal tersebut bisa membuat seorang pemula yang ingin berinvestasi uang sebagai seorang investor menjadi kebingungan.

Perlunya sebuah investasi waktu untuk bisa memahami dan memilah yang manakah sebuah investasi modal dan uang maupun investasi bagi kehidupan hingga investasi dalam bentuk usaha. Mari kita coba memilah dua produk investasi yaitu Saham dan Reksa Dana. Sehingga kita mengetahui cara memilih investasi yang terbaik untuk pemula.

Saham

Apa itu saham? Saham adalah sebuah kendaraan investasi yang supirnya adalah diri kita sendiri. Artinya keputusan berbelok, turun bahkan mengambil penumpang dilakukan oleh kita. Saham apakah yang menguntungkan untuk dibeli? Kapan sebuah saham tidak lagi menguntungkan?

Saham mana yang harus dihindari? Bagaimana strategi membeli saham yang baik? Dan masih banyak lagi pertanyaan bagi seorang pemula dalam bertanya mengenai saham.

Apakah saham menguntungkan? Jelas jawabannya sama dengan kita yang sudah berpengalaman dalam mengendarai mobil. Bisa saja justru kemampuan kita lebih pandai dalam berkendara. Sehingga potensi sampai ketujuan bisa lebih cepat, lebih tepat waktu dan selamat sampai ditujuan.

Tapi apa nasibnya bagi yang baru saja belajar menyetir mobil ? Lalu dilepas untuk berkendara mobil sendiri? Lebih beresiko tentunya dibandingkan menggunakan supir bukan?

Reksa Dana

Beberapa tahun terakhir, Reksa Dana adalah sebuah investasi yang semakin ramai diperbincangkan dan dipromosikan secara besar-besaran, kira-kira kenapa reksa dana begitu ramai dikampanyekan sebagai sebuah instrument investasi?

Reksa dana adalah sebuah produk investasi yang bila diibaratkan menjadi sebuah kendaraan yang telah dilengkapi oleh seorang pengendara. Dimana pengendara dari kendaraan alias supir ini telah memiliki jam terbang dalam mengendarai kendaraan tersebut.

Reksa dana adalah kendaraan yang dilengkapi dengan supir untuk kita bisa mencapai sebuah hasil investasi yang kita harapkan! Mengapa bisa? Ya karena Reksa Dana dikelola oleh sebuah perusahaan yang berisi para orang yang telah berpengalaman dalam bidang pengelolaan aset, dalam hal ini reksa dana.

Reksa dana adalah sebuah solusi berinvestasi bagi seorang pemula sama seperti seseorang yang saja belajar menyetir maupun tidak bisa menyetir namun ingin sampai pada sebuah tujuan. Apa tujuan dari sebuah investasi? Tentunya tujuan akhirnya adalah mendapatkan sejumlah hasil untuk sebuah keperluan, keperluan dana pendidikan, keperluan biaya menikah atau keperluan untuk dana pensiun.

Cara Memilih Investasi Terbaik Untuk Pemula
Sumber : Panin Asset Managemen

Keunggulan lain dari reksa dana selain investasinya telah dikelola oleh ahlinya, berapakah modal awal Anda bila harus berinvestasi pada emas atau logam mulia? 1 gram? Rp 500.000?, Lalu bila pada properti? Jangan ditanya lagi pastinya lebih besar bukan? Reksa dana dapat kita mulai hanya dengan Rp 100.000 saja!

Lalu bagaimanah memulai investasi reksa dana?

Berapakah keuntungan investasi pada reksa dana?

Apa resikonya berinvestasi pada reksa dana?

Nantikan artikel selanjutnya!

BACA JUGA : Apakah Investasi Itu Penting di Tahun 2020

1 komentar untuk “Cara Memilih Investasi Terbaik Untuk Pemula”

  1. Ping-kembali: Bisnis Online di Masa Pandemi Yang Menjanjikan -

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo, Beatrix Da Gomez, saya ingin bertanya materi tentang